Wisata Pagar Alam Hits di Sumatera Selatan

Wisata Pagar Alam Hits di Sumatera Selatan

Wisata Pagar Alam Hits di Sumatera Selatan – Pagar Alam atau Kota Pagaralam adalah sebuah kabupaten di provinsi Sumatera Selatan. Sebelum kota ini diresmikan pada tahun 2021, Pagar Alam merupakan bagian dari Kabupaten Lahat. Dengan luas wilayah 622 km², juga memiliki bandara Air Pagar Alam di kawasan Dempo Selatan.

Namun siapa sangka ternyata ada kota terpencil di pelosok Sumatera Selatan yang menjadi surga wisata indah? Meski harus menempuh perjalanan jauh untuk mencapai kota Pagar Alam, Anda tidak akan kecewa dengan pemandangan menakjubkan begitu sampai. Di kota Pagar Alam Anda akan melewati bandara indah bernama Bandara Atung Bungsu. Bandara ini memiliki luas 200 hektare dan memiliki panjang landasan pacu sepanjang 1.300 meter, yang diperkirakan akan bertambah menjadi 1.600 meter pada tahun ini.

Selama ini Bandara Atung Bungsu hanya menangani penerbangan tujuan Palembang, Bengkulu, dan Jakarta dengan jumlah penerbangan internasional terbatas.Bandara ini diharapkan mengalami peningkatan yang signifikan seiring dengan perbaikan dan pengembangan, salah satunya adalah peningkatan jumlah pesawat yang mendarat di sini. Namun, faktor utama yang mendorong perbaikan bandara tersebut adalah pengakuan pemerintah terhadap potensi wisata Pagar Alam.

Tak berlebihan jika dikatakan pemerintah melihat potensi wisata Pagar Alam dan ingin mengembangkan infrastrukturnya. Pagar Alam Indonesia mungkin merupakan rumah bagi lokasi wisata alam, namun belum banyak wisatawan yang mengetahuinya.

Terletak sekitar 290 km dari Palembang, kota dengan iklim sejuk ini menjadi destinasi wisata sejarah dengan keindahan alam dan banyak reruntuhan kuno.Salah satu tempat wisata yang paling populer adalah Gunung Dempo Pagar Alam, puncak tertinggi di Sumatera Selatan, dengan ketinggian lebih dari 3.100 meter di atas permukaan laut. Ada banyak tempat wisata populer di sekitar Gunung Dempo yang merupakan bagian dari Bukit Barisan. . Jika Anda ingin pergi ke Pagar Alam
Tidak ada salahnya menyimak rekomendasi wisata Pagar Alam berikut ini.

1. Kaki Gunung Tempo

Banyak hal yang bisa Anda lakukan di sini, termasuk melihat-lihat Kebun Teh Pagaralam. Taman ini, sejak tahun 1929, berukuran 10.000 pyeong.Luasnya 500 hektar dan menghadap kota Pagar Alam, yang terletak 9 km jauhnya.

Selain melihat perkebunan teh, hal favorit wisatawan di sini adalah menikmati pagi santai dengan secangkir kopi spesial Pagar Alam. Apakah Gramed memerlukan sesuatu yang lebih serius? Anda bisa mencoba paralayang di ketinggian 1900 m di atas permukaan laut.

Limau (Harimau) Memorial terletak di awal pelayaran ini, turunnya di Tangga Seribu, 900 meter di atas permukaan laut.Mano Tangata merupakan salah satu tempat wisata di Pagar Alam yang mengunjungi kawasan perkebunan teh. Dan disini kita bisa menikmati hijaunya ladang teh dan segarnya udara.

Dibutuhkan sekitar 9 pohon untuk mencapai puncak Gunung Dempo. Selain itu, medannya sangat terjal dan ditumbuhi akar pohon. Sesampainya di puncak, Anda akan melihat indahnya gunung Dempo yang setiap saat berubah warna.

Baca Juga : 15 Manfaat Buah Ciplukan Dapat Obati Kolesterol

2. Taman Dempo

Stasiun Dempo merupakan tempat wisata baru di kawasan ini, dengan latar belakang Gunung Dempo. Berdasarkan lokasinya, taman ini dinamakan Halte Dempo. Taman yang berada di ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut ini merupakan taman kreatif tertinggi di Sumatera Selatan.

Di sini juga terdapat taman bermain, sehingga Anda bisa mengajak anak-anak bermain dan menikmati suasana.Selain itu, Anda juga bisa berfoto karena banyak tempat Instagrammable yang disediakan oleh pihak organisasi, dan yang terbaik dari Dempo Stop adalah Anda bisa pergi ke dua properti.

3. Bola-Q-Lub dan Art-Q-Rub

Kedua siklon ini letaknya berdekatan dan dapat dilihat setelah menjelajahi perkebunan kopi. Curup atau cuughup merupakan nama lain dari toron anjlok yang banyak digunakan oleh masyarakat pribumi. Untuk mencapai kawasan Qurupmbun harus mengikuti jalur menurun.Tidak perlu khawatir karena jalan ini tidak hanya aman tetapi juga mudah untuk dilalui karena memiliki dinding baja.

Jika ingin merasakan sejuknya menyelam, kunjungilah Cubup Mangkok. Ada tempat berteduh dari pepohonan di dekatnya, sehingga Anda bisa menikmati udara segar. Selain itu, jika ingin rehat sejenak, terdapat juga kafe dan penjual makanan di sekitar air terjun.

Bahkan, fasilitas pendukung seperti toilet dan musala juga tersedia.Faktanya, tidak hanya ada dua kuburan di kawasan air terjun tersebut, namun ada juga kuburan bernama Curup Tujuh Kenangan yang kondisinya kurang bagus.

4. Sungai Lematan indah sekali

Sungai yang memiliki kedalaman 2 m ini memiliki air terjun setinggi 20 m yang mengesankan. Sungai ini bernama Sungai Diskusi Baru dan digunakan oleh wisatawan sebagai tempat arung jeram di sungai sepanjang 50m tersebut.

Untuk melihat air terjun dari dekat, diperlukan empat orang naik perahu di sungai.Tempat ini bisa menjadi salah satu tempat penting yang Anda kunjungi di Pagar Alam, Sumatera Selatan. Tentunya selain kawasan Gunung Dempo, masih ada tempat wisata di Pagar Alam lainnya yang bisa kita kunjungi.

5. Danau Tepata Kepana

Tebat sendiri merupakan nama lain dari danau tersebut, sehingga properti yang terletak 7 km dari pusat kota Pagar Alam ini disebut juga Danau Gevan. Danau ini luasnya sekitar 4 hektar dan kedalamannya 12 meter.Saat Anda datang ke sini, Anda bisa duduk-duduk di pendopo dan menikmati pemandangan sekitar. Pohon-pohon pinus ditanam di sekitar danau, menambah suasana.

Selain itu, kita juga bisa berwisata di danau ini dengan menggunakan rakit. Meski cuaca cerah, Anda tetap bisa menikmati pemandangan Gunung Dempo. Banyak wisatawan datang untuk memancing.Selain nelayan, Anda juga akan menemukan petani di sini.

Baca Juga : Sayur Labu Bagus Untuk Suplai Nutrisi Tubuh

6. Danau Merah Rimba Kandy

Terletak di kawasan Kota Pagar Alam, Palembang dan Kabupaten Kaur Bengkulu, danau ini sesuai dengan namanya berwarna merah. Namun jika ada air di tangan, bagian dalamnya akan berubah menjadi coklat.

Yang paling menarik adalah aroma pandan yang tercium dari danau ini, terutama pada malam hari. Hewan langka seperti kelabang dan burung berukuran besar dan besar juga dapat ditemukan di kawasan ini.Menariknya, hewan yang hidup di alam liar ini tidak liar dan jika dijinakkan tidak akan pernah bertemu manusia.

Untuk mengunjungi tempat wisata di Pagar Alam ini Grams harus menempuh perjalanan dari kota terdekat dan memakan waktu sekitar 1-2 hari, jadi persiapkan perlengkapan camping dan tenaga yang lebih. Selain pemandangan Laut Merah, masih banyak reruntuhan kuno di sekitar tempat wisata Pagar Alam yang sangat menarik untuk dijelajahi.

7. Kuil Hutan

Daya tarik Pagaralam tidak hanya sebatas tempat wisata alam saja.Buktinya tidak jauh dari Danau Mera terdapat Candi Rimbha yang diyakini sebagai awal berdirinya kerajaan Sriwijaya. Namun kebenarannya masih diselidiki. Sifat dari Candi Rimba sendiri belum banyak diketahui, dan hingga saat ini masih ditemukan sisa-sisa batu berupa tangan, kursi, dan gambar yang tidak dicat.

Meski penelitian masih berlangsung dan belum didaftarkan sebagai cagar budaya, namun ada pula yang meyakini candi ini merupakan candi pertama di Pulau Sumatera. Selain itu, Pagar Alam juga menyimpan banyak peninggalan sejarah. Terdapat pula ribuan megalit dan patung masyarakat zaman dahulu yang bentuk dan suaranya mirip gong.

8. Pembahasan Air Terjun Maung

Air terjun ini berada 80 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh rerumputan hijau. Ini dapat digunakan di bawah untuk irigasi saat Anda menikmati cuaca dingin. Untuk sampai ke sana Anda harus melewati hutan menuju perkebunan kopi lokal yang indah. Namun kemiringannya terjal, sekitar 30 derajat, jadi berhati-hatilah.

9. Membahas Air Terjun Gerbang Surga

Terletak di dekat Gunung Dempo, air terjun ini memiliki suasana yang sejuk. Letaknya sekitar 35 meter di atas permukaan laut dan apinya sangat kuat. Meski demikian, mandi dengan air mengalir tetap aman. Selain itu, kunjungan ke air terjun juga tidak membosankan karena banyaknya taman dan kopi yang memanjakan pemandangan.Namun fasilitas yang direncanakan, termasuk toilet, belum lengkap.

10. Bayar Kebun Teh Alam

Hamparan teh hijau di kaki Gunung Tempo semakin indah jika diselimuti kabut. Berada di ketinggian sekitar 1.5240 mdpl sehingga udaranya lebih sejuk. Grameds bisa mengunjungi Perkebunan Teh Lereng Dempo dan menikmati segarnya pemandangan kebun teh yang tersebar di area seluas lebih dari 1.300 hektar. Terdapat berbagai jenis akomodasi yang tersedia di kawasan wisata Pagar Alam, khususnya bagi Anda yang ingin bermalam di tempat indah tersebut.

Anda juga bisa menemukan akomodasi murah di sekitar perkebunan teh. Selain itu, terdapat toko oleh-oleh yang menjual segala sesuatu mulai dari kopi hingga teh untuk dibawa pulang.

11. Diskusikan Air Terjun Lematang Indah atau Power River.

Air terjun yang berada di tengah hutan ini sangat alami. Di ketinggian 40 meter di atas permukaan laut, arus airnya sangat deras sehingga tidak disarankan bagi wisatawan untuk mandi atau berendam. Sesampainya di sana, Anda akan melihat beberapa anak tangga menuju ke dasar air terjun. Jadi berhati-hatilah agar tidak terpeleset.

12. Surga hijau

Saat kami memasuki kawasan Ceo Verde, kebun selada terhampar di sekitar air terjun kecil yang menyambut kami. Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan alam, tetapi Anda juga dapat mengikuti kegiatan seperti memanen sayur-sayuran, menunggang kuda, dan budidaya ikan. Selain itu, ada banyak kesempatan berfoto, termasuk burung hantu, iguana, dan ayam kapas. Ada juga taman yang penuh dengan bunga berwarna kuning dan ungu.

13. Situs Megalitik Tegurwangi

Penikmat sejarah patut singgah di reruntuhan megalitik Tegurwangi. Kopernya berupa patung megalitik yang bentuknya menyerupai binatang dan manusia. Nampaknya dahulu kala penduduk setempat menggunakan tempat ini sebagai tempat beribadah. Menariknya, lokasi tempat terkenal ini berada di tengah persawahan.Anda tidak hanya akan belajar sejarahnya saja, namun Anda juga akan melihat pemandangan indah disekitarnya.

14. Tangga yang terbuat dari ribuan pagar alam

Saat berkunjung ke tempat wisata Gunung Dempo Pagar Alam, Grameds juga bisa menginap mengunjungi tempat wisata Tangga Seribu. Tempat wisata ini terkenal dengan tangga panjangnya yang dihiasi tanaman teh hijau di sisi kanan dan kirinya. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Gunung Dempo dari jauh, tempat wisata di Paga Alam ini bisa menjadi tempat wisata yang tepat untuk Anda.

15. Tujuh kenangan gagal

Destinasi wisata lainnya adalah Air Terjun Toron di Pagar Alam atau Air Terjun Tujuh Kenangan yang bisa menjadi pilihan liburan berbeda. Alam air terjun yang asri dan hijau subur pasti akan membuat anda teringat saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Air Terjun atau Air Terjun Tujuh Kenangan ini terletak di sisi utara Gunung Dempo, dan aliran air terjunnya sangat jernih dan alami. Biar lebih jago lagi, kalian bisa menambahkan tembakan sambil beristirahat melawan musuh di gunung.Selain berenang, di sini Gramd juga bisa meluncur di antara bebatuan dan bermain rock-paddle. Selain itu, disekitarnya juga terdapat banyak pepohonan dan rindang sehingga Anda bisa menikmati piknik bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Sangat menyenangkan, bukan?

16. Rumah Adat Besema

Sangat bermanfaat bagi para ahli tata bahasa yang ingin mengetahui lebih jauh tentang kebudayaan masyarakat Pagar Alam. Rumah kuno Besemah yang terletak di desa Pelang Kenidai di Dempo tengah ini terkenal dengan ukiran Ghumah Baghi yang terkenal dengan seni ukirnya di daerah lain. Selain patungnya yang megah, menjelajahi tempat wisata di Pagar Alam ini juga memungkinkan Anda melihat beragam karya seni yang berusia berabad-abad.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *