Manfaat Makan Buah di Malam Hari Sangat Baik

Manfaat Makan Buah di Malam Hari Sangat Baik

Manfaat Makan Buah di Malam Hari Sangat Baik – Buah dapat menjadi pilihan camilan yang sehat untuk mengganjal rasa lapar. Namun, banyak informasi yang menyebutkan makan buah di malam hari buruk bagi kesehatan, karena bisa bikin gemuk atau menurunkan kualitas tidur. Benarkah begitu?

Pahami lebih lanjut mengenai reaksi yang terjadi pada tubuh ketika Anda makan buah di malam hari.

Bolehkah makan buah di malam hari?Secara umum, makan beberapa jam sebelum tidur dapat mengganggu siklus tidur seseorang. Namun, makan buah di malam hari lebih sedikit mengganggu tidur dibandingkan makan makanan berkalori tinggi lainnya. Makanan berkalori tinggi yang disukai orang di malam hari biasanya berupa keripik kentang, puding, kue, atau makanan olahan seperti keju, sosis, dan susu kental manis.

Makan buah di malam hari bikin gemuk?

Banyak faktor yang menentukan apakah mengonsumsi makanan tertentu di malam hari bisa menyebabkan gemuk, termasuk makan dalam porsi besar.Namun, bukan berarti Anda harus menghindari makan buah di malam hari. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa makan buah di malam hari menyebabkan penambahan berat badan.

Selama Anda tidak makan buah terlalu banyak yang mengakibatkan asupan kalori berlebihan, makan buah di malam hari seharusnya tidak menambah berat badan Anda. Meski belum ada penelitian yang secara spesifik menganalisis efek makan buah di malam hari, namun konsumsi buah memang berdampak pada penurunan berat badan.

Sebuah studi di jurnal BMC public Health (2014) menemukan bahwa orang yang banyak makan buah dan sayur sepanjang hari cenderung tidak mengalami kenaikan berat badan, melainkan malah menurunkan berat badan.Studi PLoS One lainnya (2015), yang melakukan analisis terhadap 17 penelitian, menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi buah memiliki risiko obesitas hingga 17 persen lebih rendah.

Penelitian lain dari Nutrients (2018) menyebutkan bahwa mengonsumsi buah dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama karena kandungan serat yang dikandungnya. Dengan cara ini, Anda makan lebih sedikit dan membatasi asupan kalori, yang membantu Anda menurunkan berat badan. Makan buah di malam hari terbukti tidak berpengaruh terhadap berat badan. Sesuai anjuran diet sehat, Anda bisa mengonsumsi buah sepanjang hari.Manfaat Makan Buah Sebelum Tidur

Vitamin, mineral, dan senyawa tertentu pada buah dapat meningkatkan perasaan rileks dan mengantuk sebelum tidur. Jika Anda sulit tidur atau sering terbangun di tengah malam, mengonsumsi salah satu jenis buah-buahan dapat membantu meringankan masalah tidur Anda. Ada juga efek kesehatan lain dari makan buah di malam hari.

Di bawah ini kami sajikan sederet manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi buah sebelum tidur.

1.Membantu mengatasi insomnia

Studi dari American Journal of Therapeutics (2018) menunjukkan bahwa konsumsi jus ceri Montmorency secara teratur dapat meningkatkan durasi tidur secara signifikan pada orang yang menderita insomnia.

Varietas ceri ini mengandung triptofan dan senyawa lain yang membantu meningkatkan kadar melatonin, hormon tidur. Beberapa buah kaya magnesium seperti pisang, aprikot, atau kurma juga dapat membantu Anda rileks dan tidur lebih nyenyak.

Baca Juga : Berikut Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

2. Meningkatkan durasi tidur

Berbagai buah-buahan seperti kiwi kaya akan nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, serat dan potasium serta enzim dan antioksidan yang memberikan efek positif pada metabolisme tubuh. Penelitian dari European Journal of Nutrition (2018) menunjukkan bahwa mengonsumsi kiwi dapat meningkatkan durasi tidur. Namun topik ini belum diteliti secara luas dan diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengungkap efek konsumsi buah ini, terutama bila dikonsumsi pada malam hari.

3.Mengontrol Kadar Gula Darah di Malam Hari Mengonsumsi buah-buahan di malam hari terbukti bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah di malam hari, terutama pada penderita diabetes. Penelitian dari Diabetes Care (2015) menyatakan bahwa buah tidak boleh dimakan sendiri-sendiri, melainkan sebagai bagian dari makan besar. Mengonsumsi buah dengan makanan tinggi protein, serat, atau lemak dapat memperlambat pergerakan makanan dari lambung ke usus halus.

Nah, makan buah di malam hari mengurangi pelepasan glukosa ke dalam darah. Hal ini memungkinkan penderita diabetes untuk lebih mengontrol kadar gula darahnya.Faktanya, dalam aturan makan sehat, tidak ada waktu “terbaik” atau “terburuk” untuk makan buah. Informasi bahwa makan buah di malam hari memiliki banyak dampak negatif hanyalah mitos belaka.

Terlepas dari waktu yang tepat, mengonsumsi buah sangat dianjurkan untuk memberikan nutrisi bermanfaat bagi tubuh.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *