Bunga Teratai Indah Dan Memiliki Banyak Khasiat Kesehatan

Bunga Teratai Indah Dan Memiliki Banyak Khasiat Kesehatan

Bunga Teratai Indah Dan Memiliki Banyak Khasiat Kesehatan – Jika kita berbicara tentang manfaat bunga teratai, kita melihat banyak sekali kegunaan bunga teratai atau bunga teratai. Selain itu, bunga ini telah lama digunakan dalam masakan dan pengobatan tradisional di Asia Timur dan Tenggara. Terdapat lebih dari 100 spesies teratai, tanaman yang telah ada sejak lama dan terbukti berkhasiat obat serta bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Anda paling familiar dengan teratai berbunga tunggal, yang memiliki sekitar dua belas kelopak.

Beberapa spesies, seperti teratai berbunga ganda, memiliki lebih dari 100 kelopak. Konon bunga teratai hanya sekedar hiasan saja, namun nyatanya bunga teratai mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. penasaran? Beritahu kami apa saja manfaat berikut ini:

Manfaat Bunga Teratai yang Tak Terduga

Saat ini, bunga teratai banyak ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan rumah dan kolam. Selain bunganya, bagian lain dari bunga teratai seperti batang, daun, dan akar juga memiliki banyak manfaat.Nah berikut 10 manfaat bunga teratai untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Obat diare

Salah satu manfaat utama teratai dalam pengobatan Timur adalah mencegah diare. Cara meracik obat alami ini adalah dengan merendam biji teratai dalam air hangat selama beberapa jam, kemudian ditambahkan gula batu dan diminum. Sebuah studi dalam Journal of Pharmaceutical Science and Technology yang dilakukan sekelompok peneliti Indonesia menemukan bahwa biji teratai putih efektif mengurangi gejala kanker. Meski masih diujicobakan pada subjek selain manusia, namun hasil penelitian ini dikaitkan dengan pengobatan alternatif yang telah lama dipraktikkan di Tiongkok. Mereka menguji aktivitas antidiare ekstrak etanol biji teratai putih pada tikus jantan. Dari hasil analisa ciri-ciri Simplisia Biji Teratai Putih diperoleh informasi sebagai berikut.

  • Kadar abu total (3,83%)
  • Kadar abu bebas asam (2,90%)
  • Kadar abu logam (0,80%)
  • Tingkat penyusutan pengeringan (9,42%)
  • Kandungan lemak larut dalam lemak (3,86%)
  • Kandungan lemak larut dalam air (20,48%)
  • Kadar air (9,99%)

Uji fitokimia menunjukkan adanya alkaloid, fenolik, tanin, flavonoid, monoterpen dan seskuiterpen, steroid dan triterpenoid, kuinon dan saponin. Terakhir, ditemukan bahwa semakin tinggi dosis ekstrak etanol biji teratai putih, semakin kuat efek antidiarenya. Namun karena diare bisa disebabkan oleh banyak hal, jangan mengandalkan pengobatan tradisional untuk mengatasi diare.Hal ini dapat disebabkan oleh virus, bakteri, alergi makanan, obat-obatan atau kekurangan nutrisi. Sekalipun kanker disebabkan oleh infeksi bakteri sehingga memerlukan antibiotik, namun jika mengandalkan kekuatan bunga teratai, kanker akan tetap terjadi.

2. Menurunkan gula darah

Ada banyak makanan yang bisa menurunkan gula darah dan kadar gula darah. Salah satunya adalah akar teratai.Bunga teratai, terutama akarnya, kaya akan serat dan karbohidrat kompleks yang membantu mengendalikan dua penyebab utama penyakit jantung. Karbohidrat kompleks mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan karbohidrat sederhana.

Ini kaya serat dan memperlambat pencernaan. Hal ini juga membuatnya kaya akan nutrisi. Ini menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mengendalikan berat badan.Karbohidrat kompleks, seperti serat dan pati, baik bagi penderita diabetes tipe 2 karena membantu mengontrol lonjakan gula darah setelah makan. Serat penting karena meningkatkan fungsi usus dan membantu mengontrol kolesterol.

Baca juga : Berikut ini Kumpulan Wisata Paling Hits di Kota Ambon

3. Mengontrol tekanan darah

Salah satu nutrisi yang banyak terdapat dalam manfaat bunga teratai untuk kesehatan adalah potasium. Zat ini diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dan membantu menjaga pembuluh darah tetap terbuka lebar. Mineral ini tergolong elektrolit karena sangat reaktif dengan air. Ketika dilarutkan dalam air, ia membentuk ion padat.Sifat unik ini memungkinkannya menghantarkan listrik, yang penting untuk banyak proses di seluruh tubuh.

Menariknya, asupan potasium yang tinggi dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan yang kuat. Dapat membantu mengurangi tekanan darah dan retensi air, mencegah stroke, serta mencegah osteoporosis dan batu ginjal. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal menunjukkan bukti bahwa peningkatan asupan kalium menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi.

Selain itu, tidak ada efek buruk pada kadar lipid darah, kadar katekolamin, atau fungsi ginjal pada orang dewasa.Asupan kalium yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko stroke 24% lebih rendah. Nah, salah satu manfaat teratai adalah membantu menyeimbangkan tekanan darah dalam kisaran normal.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Serat dan karbohidrat kompleks yang terdapat pada akar teratai dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat juga baik untuk meningkatkan jumlah bakteri baik di usus.Pasalnya, berbagai jenis serat diketahui menyediakan sumber makanan bagi bakteri menguntungkan usus dan membantu reproduksinya.

Bakteri ini menghasilkan beberapa senyawa yang melindungi kesehatan usus. Oleh karena itu, dengan serat yang cukup, kita dapat membantu meningkatkan kesehatan dan melindungi sistem pencernaan kita. Jika Anda sering mengalami masalah pencernaan, terutama sembelit, cobalah suplemen nutrisi ini.

5.Meredakan peradangan

Peradangan disertai rasa panas dan nyeri. Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacol menemukan bahwa biji bunga teratai merah putih yang dibuat wanita saat sedang jatuh cinta dapat membantu mengatasi kondisi peradangan tersebut. Manfaat bunga teratai berasal dari senyawa plumnya yang diketahui memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan tinggi.

Oleh karena itu, dapat meredakan gejala peradangan dan juga menenangkan tubuh Anda. Bunga teratai banyak digunakan dalam pengobatan oriental.Di antara komponen aktif lotus plum, polisakarida sangat menjanjikan karena efek antiinflamasinya yang kuat. Namun, mekanisme anti-inflamasi polisakarida yang dimurnikan dari batang teratai tidak diketahui.

6. Menjaga ketahanan fisik

Batang teratai kaya akan vitamin C yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegahnya mudah terinfeksi. Untuk mendapatkan manfaat teratai ini, rebus akar dan batangnya selama 10 menit.Sebab vitamin C berperan dalam banyak bagian sistem kekebalan tubuh. Pertama, vitamin C merangsang produksi sel darah putih, yang dikenal sebagai limfosit dan fagosit, yang membantu melindungi tubuh terhadap infeksi. Kedua, vitamin C membantu sel darah putih bekerja lebih baik dan juga melindunginya dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak berbahaya seperti radikal bebas.

Ketiga, vitamin C merupakan bagian penting dari sistem pertahanan kulit. Ini memiliki efek kuat pada kulit, bertindak sebagai antioksidan dan membantu memperkuat pelindung kulit.Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C dapat mempercepat waktu penyembuhan luka.

Baca Juga : Kota Bau Bau Tempat Wisata Paling Indah Populer Saat ini

7. Menyembuhkan depresi

Khasiat bunga teratai dapat mengurangi nyeri haid, dan ekstrak daun serta akar teratai telah lama digunakan dalam pengobatan Timur untuk memperlancar siklus haid. Selain itu dipercaya dapat menghentikan pendarahan berlebih dan menyembuhkan menstruasi. Akar, daun dan batangnya biasanya dibuat jus atau sup dan dimakan sebelum matang.Sayangnya, belum ada penelitian ilmiah yang mendukung klaim ini.

8. Menghilangkan jerawat

Anda juga bisa merasakan keampuhan bunga teratai untuk wajah dan kecantikan Anda. Coba tambahkan bunga teratai ke minuman teh hijau Anda. Hal ini diketahui dapat membantu mengurangi kelebihan sebum penyebab jerawat.Sebuah penelitian di Amerika menemukan kekuatan teh hijau dan manfaat bunga teratai untuk mengatasi masalah jerawat.

Teh dan bunga teratai banyak mengandung senyawa antioksidan sinergis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas teh hijau dan beberapa ekstrak teratai. Hasilnya, perlakuan individu (hanya teh hijau) dan pengobatan gabungan (teh hijau + teratai) menunjukkan penurunan dan peningkatan jumlah yang signifikan dalam waktu 60 hari pengobatan.

Tapi bandingkan dengan rutinitas perawatan mata Anda.Beberapa dari mereka mencuci mata dengan hati-hati tanpa menyentuh wajah dengan tangan kotor. Coba juga gunakan perawatan jerawat agar jerawat lebih cepat hilang. Hanya dengan cara inilah kekuatan bunga teratai dapat ditingkatkan. Jika Anda tidak keberatan mencampurkan bunga teratai ke dalam teh hijau, Anda bisa mencari alternatifnya dengan menggunakan produk perawatan kecantikan yang mengandung ekstrak teratai.

9.penurunan berat badan

Keunggulan teratai untuk menjaga berat badan adalah teratai kaya nutrisi namun rendah kalori. Dengan cara ini, makanannya sehat tanpa menambah terlalu banyak kalori. Kandungan serat yang tinggi akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi ngemil di antara waktu makan utama.

Selain itu, bahan aktif dalam daun teratai terbukti memiliki efek pembakaran lemak dan penurunan berat badan. Ekstrak daun teratai dikenal sangat efektif dalam mengurangi lemak.Mengkonsumsi ekstrak air daun teratai menurunkan kadar lemak darah dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) secara signifikan.

Di sisi lain, secara signifikan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Ini akan menurunkan tekanan darah Anda. Selain itu, daun teratai mengandung beberapa senyawa pembakar lemak yang dapat membuat lapisan lemak pada dinding usus tubuh. Oleh karena itu, dapat mencegah penyerapan lemak dan mengurangi penumpukan lemak.

10. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin A yang banyak terdapat pada bunga teratai diketahui bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin A sendiri memiliki sifat antioksidan dan baik untuk penyembuhan luka. Popularitas manfaat bunga teratai dalam bidang kecantikan sangatlah luas. Antioksidan dikatakan dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari dan mencegah radikal bebas.

11. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat bunga teratai lainnya adalah melancarkan peredaran darah dan melancarkan aliran darah. Sirkulasi darah yang baik dapat membantu menghidrasi, melembabkan dan meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, aliran darah yang lancar dapat menguatkan akar rambut.

Baca Juga : Destinasi Wisata Paling Populer di Ternate

12. Menawarkan keuntungan terbaik

Aroma bunga teratai menenangkan dan membuat rileks. Dalam aromaterapi, minyak esensial yang diekstraksi dari bunga teratai dapat digunakan untuk mengurangi stres, meningkatkan mood, dan mengurangi kecemasan.

13. Memiliki sifat antibakteri.

Manfaat bunga teratai yang terakhir adalah mampu melawan pertumbuhan bakteri di dalam tubuh.Koleksi bunga teratai dapat membantu melawan patogen dan mencegah penyakit.

  • Resep sup teratai
  • Siap dalam 20 menit
  • Latihan 3

Nah, sudah tahu kan apa saja manfaat bunga teratai untuk kesehatan?

Sekarang, buatlah sup teratai sendiri yang enak dan sangat menyehatkan.

Makanan apa yang harus saya siapkan?

  • memasuki
  • 2 kg teratai
  • 2 bawang bombay
  • 60 gram mentega
  • 1 cangkir kaldu ayam
  • 1 sendok teh pala, bubuk kayu manis, garam, merica

Resep:

Rebus bunga teratai dalam air asin selama 2-3 menit, potong bawang bombay dan masukkan ke dalam wajan besar dengan mentega panas.Tambahkan bunga dan goreng selama 1 menit. Tuang kaldu ayam dan masak selama 10 menit. Keluarkan kuah dari oven lalu tambahkan bumbu seperti garam, merica, pala dan kayu manis, jika tidak punya teratai bisa diganti selada air. Berikut 13 resep bunga teratai untuk kesehatan dan manfaatnya.
Dan cantikBunga teratai yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan telah disetujui sebagai makanan dan obat oleh Kementerian Kesehatan Tiongkok. Dari segi keamanan dan efek samping, bunga teratai dinilai sangat aman dikonsumsi atau diminum. Namun, sedikit yang diketahui tentang kegunaan obatnya.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan manfaat bunga teratai untuk kesehatan, Anda bisa menambahkannya ke dalam masakan Anda. Cerita mengenai manfaat bunga teratai bukanlah hal baru dalam dunia pengobatan.Namun, diperlukan lebih banyak penelitian ilmiah untuk menunjukkan cara kerja tanaman ini dan cara baru untuk menggunakannya.

Cobalah pengobatan atau suplemen teratai sederhana untuk pendekatan penyembuhan alami. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum menggunakan teratai sebagai obat herbal.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *