Buah Mentimun Banyak Khasiatnya Seperti Berikut ini

Buah Mentimun Banyak Khasiatnya Seperti Berikut ini

Buah Mentimun Banyak Khasiatnya Seperti Berikut ini – Di Indonesia, mentimun sering dijadikan lalapan, makanan bahkan minuman. Selain itu, produk ini juga segar karena banyak mengandung air. Adakah manfaat atau khasiat lain dari makan timun? Inilah penjelasan lengkapnya.

Makanan mentimun

Mentimun, labu, dan labu dianggap sayuran.Namun mentimun atau Cucumis sativus termasuk dalam kelompok buah-buahan karena mengandung biji.

Anda mungkin salah satu orang yang sering makan mentimun. Namun tahukah Anda apa saja makanan yang mengandung mentimun?

Berikut informasi gizi dan komposisi mentimun yang dihitung untuk 100 g, kata Panganku:

  • Kalori: 8
  • Air: 97,9 gram
  • Kalori: 1,4 gram
  • Serat: 0,3 gram
  • Magnesium: 29mg
  • Fosfor: 95 gram
  • Kalium: 57,1 mg
  • Beta-karoten: 314 mcg
  • Asam folat: 7 mcg
  • Vitamin C: 1 mg
  • Vitamin K: 16,4 mcg

Manfaat mentimun untuk kesehatan

Saat makan mentimun, Anda perlu memastikan ada banyak air di dalamnya.Selain itu, mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat timun untuk tubuh:

1. Tingkatkan hidrasi atau asupan air.

Telah disebutkan berkali-kali bahwa mentimun memiliki banyak sari. Kandungan air yang tinggi pada mentimun membantu meningkatkan hidrasi atau asupan air karena air memegang peranan penting dalam tubuh.Selain itu, jus tomat meningkatkan metabolisme, menjaga suhu tubuh dan efektif mencegah penyakit ginjal.

2. Menurunkan kadar gula darah

Menurut American Diabetes Association, mentimun merupakan salah satu sayuran non-karsinogenik yang efektif menurunkan kadar gula darah.

Karena serat dan jus mentimun memuaskan nafsu makan dan mengontrol kadar gula, maka baik untuk penderita diabetes.

Oleh karena itu, sebuah penelitian yang dipublikasikan di BioImpacts menemukan bahwa mentimun juga efektif dalam mengurangi stres oksidatif dan mencegah diabetes. Namun, karena pengujian pada hewan sedang berlangsung, diperlukan lebih banyak penelitian.

3. Mendukung pencernaan

Mentimun mengandung serat dan air, yang membantu mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan.

Serat mirip pektin pada mentimun dapat membantu mengatur pergerakan usus dan meningkatkan frekuensi buang air besar.

Selain itu, pektin pada mentimun juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan pencernaan dengan meningkatkan kecepatan pergerakan otot usus sekaligus menyediakan bakteri baik.

4. Jagalah kesehatan jantung

Serat mentimun memiliki banyak manfaat lain, seperti menjaga kesehatan jantung. Sebab, serat juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol.

Sementara itu, kandungan kalium pada timun juga baik untuk menurunkan kadar natrium sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Vitamin K dalam mentimun juga bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah dan mencegah penumpukan mineral di arteri.Selain itu, asupan vitamin K yang cukup membantu jantung memompa darah ke seluruh tubuh.

Baca Juga : Destinasi Wisata di Pasuruan Paling Hits Instagramable

5. Menjaga kepadatan tulang

Selain kalsium, mentimun mengandung vitamin K yang membantu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang.

Penting untuk diketahui bahwa vitamin K merupakan vitamin yang larut dalam lemak, sehingga berfungsi menjaga kesehatan tulang dan mengatur kadar kalsium dalam darah.

Oleh karena itu, vitamin K memiliki manfaat dan khasiat yang membantu menjaga kekuatan tulang, meningkatkan kepadatan tulang, dan mengurangi risiko patah tulang.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian mengenai kemampuan vitamin K pada mentimun untuk mencegah osteoporosis.

6. Meningkatkan kinerja mental

Tahukah Anda kalau mentimun juga mengandung betakaroten? Kandungan ini bermanfaat untuk meningkatkan kinerja mental.

Beta-karoten juga mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi meningkatkan daya ingat. Namun, penting juga untuk diingat bahwa manfaat ini bersifat jangka panjang.Konsumsi rutin sayur mayur, buah-buahan dan suplemen yang mengandung betakaroten efektif menurunkan risiko kanker.

7. Memperbaiki penampilan kulit wajah

Beberapa wanita bisa memanfaatkan timun sebagai bahan alami untuk perawatan kulit wajah. Sebab, banyak air baik untuk mendinginkan, menghangatkan, dan mengurangi kemerahan.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *