Bau Mulut? Berikut Cara Mengatasinya Dengan Gampang

Bau Mulut? Berikut Cara Mengatasinya Dengan Gampang

Bau Mulut? Berikut Cara Mengatasinya Dengan Gampang – Meski bukan masalah medis yang serius, bau mulut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir lagi. Ada banyak cara sederhana dan efektif untuk menghilangkan bau mulut. Lebih dari 90% kasus bau mulut disebabkan oleh gigi kotor yang disebabkan oleh bakteri.

Setiap kali Anda makan, partikel makanan bisa tersangkut di sela-sela gigi dan menjadi makanan bagi bakteri.Namun, banyak faktor lain yang dapat menyebabkan bau mulut, mulai dari merokok, makan makanan berbau menyengat, hingga kondisi kesehatan yang serius.

Apa pun penyebabnya, jangan biarkan bau mulut memengaruhi rasa percaya diri Anda. Di bawah ini Anda bisa mencoba beberapa cara mudah menghilangkan bau mulut yang mengganggu.

1. Minum air putih

Mulut kering menandakan rendahnya sekresi air liur. Hal ini dapat mempengaruhi kebersihan mulut Anda. Tanpa air liur, bakteri penyebab bau mulut akan mudah berkembang biak. Pasalnya, bakteri penyebab bau mulut tumbuh paling baik pada kondisi lingkungan yang kering.

Saat bakteri tumbuh dan berkembang biak, mereka menghasilkan senyawa sulfur yang kuat. Saat Anda membuka mulut, bau tidak sedap keluar.Ya, minum air putih bisa membantu meningkatkan produksi air liur. Dengan cara ini, mulut Anda akan lebih lembab dan napas Anda selalu segar. Air mineral adalah minuman paling sederhana yang bisa Anda temukan. Dengan 100% air mineral pegunungan murni yang dingin secara alami meskipun tidak disimpan di lemari es, dapat membantu menghilangkan bau mulut.

Selain itu, air mineral dianggap lebih sehat karena mengandung mineral tertentu dan disaring secara alami melalui lapisan batuan yang kaya mineral.Pastikan juga air mineral yang Anda konsumsi berasal dari sumber yang terlindungi sehingga aman dari kontaminasi.

2. Sikat gigi

Para ahli sepakat bahwa gigi dan mulut kotor adalah penyebab paling umum bau mulut. Oleh karena itu, menjaga kebersihan dan kesehatan mulut merupakan cara menghilangkan bau mulut yang paling efektif.

Pastikan untuk menyikat gigi dua kali sehari, pagi dan malam, dengan pasta gigi berfluoride.Gunakan teknik yang benar untuk mencapai hasil yang optimal. Ingatlah untuk mengganti sikat gigi Anda setiap 3 atau 4 bulan. Bulu sikat yang lembut tidak efektif membersihkan gigi dari plak dan sisa makanan.

3. Benang gigi

Gigi putih bersih dan nafas segar sepanjang hari – itulah dambaan setiap orang.Untuk mencegah hal ini menjadi mimpi, sebaiknya Anda membersihkan gigi dengan benang setelah menyikat gigi. Flossing adalah teknik membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Flossing dapat membantu menghilangkan partikel makanan yang tersangkut di sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh bulu sikat gigi.

Jika digunakan secara teratur dan benar, benang gigi bahkan bisa menjadi obat bau mulut yang efektif.

Baca Juga : Manfaat Makan Buah di Malam Hari Sangat Baik

4. Gunakan obat kumur

Selain menghilangkan bau mulut, penggunaan obat kumur juga dapat membersihkan seluruh rongga mulut dari sisa makanan dan plak gigi. Yang terbaik adalah berkumur dua kali sehari setelah menyikat gigi dan menggunakan benang gigi. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, pastikan Anda mengetahui cara menggunakannya.

Berikan perhatian khusus pada daftar bahan obat kumur yang ingin Anda beli.Hindari membeli obat kumur yang mengandung alkohol karena alkohol dapat membuat mulut Anda kering. Gunakan juga obat kumur sesuai dosis. Menggunakan terlalu banyak obat kumur dapat menyebabkan overdosis dan berdampak buruk pada tubuh.

Jangan salah pilih, berikut ini 5 jenis obat kumur sesuai fungsinya

Hingga saat ini, obat kumur atau yang dikenal dengan sebutan obat kumur banyak dikenal kegunaannya dalam membantu mengatasi bau mulut. Namun tahukah Anda kalau setiap jenis obat kumur mengandung bahan dan fungsi yang berbeda-beda?Setidaknya ada lima jenis obat kumur untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan mulut. Jenis apa saja yang ada dan mana yang Anda butuhkan? Lihat jawabannya di sini.

5. Membersihkan Lidah

Tanpa disadari, lidah penuh dengan plak dan bakteri penyebab bau mulut.Jika plak dan bakteri terus tumbuh dan bersarang di sana, bau mulut akan terus menghantui Anda. Sayangnya, berkumur dengan obat kumur saja tidak cukup untuk menghilangkan plak dan bakteri di lidah. Akan selalu ada bakteri di permukaan lidah.

Inilah mengapa membersihkan lidah harus menjadi bagian dari rutinitas Anda. Anda bisa membersihkan lidah dengan sikat gigi atau alat pengerik lidah (tongue cleaner) untuk menghilangkan bau mulut.Gunakan sikat gigi untuk menggosok perlahan mulai dari pangkal lidah hingga ujung lidah. Lalu, bilas mulut Anda dengan air bersih. Lidah Anda akan bersih dan segar kembali.

6. Berkumur dengan baking soda

Tak hanya memberikan efek baking soda, baking soda atau yang dikenal dengan sodium bikarbonat juga bisa digunakan sebagai obat kumur alami untuk mengatasi bau mulut.Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dental Association menemukan bahwa baking soda efektif membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Membilas mulut secara rutin dengan larutan soda kue juga dapat membantu menghilangkan plak dan sisa makanan dari permukaan gigi. Caranya cukup sederhana, cukup larutkan dua sendok teh baking soda ke dalam secangkir air hangat. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik, lalu buang air bekas berkumur.

7.Hindari Makanan Penyebab Bau Mulut

Meski rasanya enak, ternyata ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan bau mulut. Misalnya: bawang putih, durian, serta petai dan jengkol. Pada dasarnya, setiap makanan yang Anda makan akan mempengaruhi bau mulut dan napas Anda.

Pasalnya, senyawa penyebab bau mulut pada makanan tersebut bisa tertinggal di mulut. Senyawa ini juga bisa masuk ke dalam darah dan paru-paru sehingga menimbulkan bau tidak sedap saat Anda membuka mulut.Maka pilihlah makanan yang bisa mengurangi bau mulut, seperti permen karet bebas gula dan buah-buahan dengan tekstur renyah.

Baca Juga : Berikut Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

8. Berhenti merokok

Napas seorang perokok cenderung kuat dan tidak sedap. Memang benar, perokok tetap lebih mungkin mengalami berbagai masalah gigi. Perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit gusi dibandingkan bukan perokok. Penyakit gusi sendiri merupakan salah satu penyebab bau mulut yang umum terjadi.Jika iya, cara terbaik menghilangkan bau mulut adalah dengan berhenti merokok. Tak hanya baik untuk kesehatan mulut Anda, langkah ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Jika hal ini masih sulit, menemui dokter mungkin merupakan pilihan terbaik. Dokter mungkin meresepkan obat atau terapi tertentu untuk membantu Anda berhenti merokok.

12 cara efektif berhenti merokok

Berhenti merokok adalah cara terbaik untuk memperpanjang hidup dan meningkatkan kualitas hidup.Pasalnya, merokok menimbulkan banyak penyakit dan gangguan kesehatan yang serius. Hal ini berlaku tidak hanya bagi perokok itu sendiri, tetapi juga bagi orang-orang disekitarnya yang “sekadar” menghirup asap rokok. Nah, bagi Anda yang berencana berhenti merokok namun belum tahu cara terbaik untuk memulainya, bacalah artikel ini.

9. Kunjungi dokter gigi

Bau mulut bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius, seperti diabetes dan penyakit ginjal.Jadi, jika cara-cara di atas tidak menghilangkan bau mulut, segera konsultasikan ke dokter gigi.

Dokter Anda akan mengetahui penyebab bau mulut dengan memeriksa rongga mulut Anda secara cermat. Ia juga akan menanyakan pertanyaan tentang riwayat kesehatan Anda dan bagaimana Anda menjaga kebersihan mulut.

Jika perlu, dokter Anda juga akan memerintahkan serangkaian tes untuk memastikan diagnosisnya. Setelah penyebabnya diketahui, dokter akan dapat menentukan pengobatan yang tepat berdasarkan kondisi Anda.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *