Bau Badan? Ini Cara Mengatasi Dengan Cepat Dan Mudah

Bau Badan? Ini Cara Mengatasi Dengan Cepat Dan Mudah

Bau Badan? Ini Cara Mengatasi Dengan Cepat Dan Mudah – Bau badan bisa membuat Anda kehilangan rasa percaya diri. Namun jangan khawatir, ada banyak cara menghilangkan bau badan yang bisa Anda lakukan di rumah, mulai dari mengubah gaya hidup hingga menggunakan bahan-bahan alami.

Keringat sebenarnya tidak berbau. Bau badan baru muncul ketika bakteri di kulit berkembang biak dan memecah protein keringat menjadi asam.

Cara mudah menghilangkan bau badan

Selain bakteri pada kulit, munculnya bau badan juga bisa dipengaruhi oleh perubahan hormon androgen dalam tubuh.Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa remaja pada masa pubertas sering mengalami bau badan.

Macam-macam cara menghilangkan bau badan Berikut beberapa cara mudah menghilangkan bau badan:

1. Mandi teratur

Mandi teratur 1-2 kali sehari atau selepas olahraga Berolahraga atau melakukan aktivitas lain yang membuat banyak berkeringat adalah cara paling mudah untuk menghilangkan bau badan. Pastikan area yang sering berkeringat dibersihkan secara menyeluruh.

2.Gunakan sabun antibakteri

Menggunakan sabun antibakteri saat mandi juga bisa menjadi pilihan untuk mengurangi jumlah bakteri penyebab bau badan.

Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan sabun antibakteri jika Anda alergi atau teriritasi terhadap senyawa yang terkandung dalam produk.

3. Keringkan badan

Setelah mandi, ingatlah untuk mengeringkan badan secara menyeluruh, terutama di area tubuh yang banyak mengeluarkan keringat seperti ketiak. Dengan begitu, bakteri penyebab bau badan akan sulit berkembang biak.

4. Memakai pakaian bersih dan anti keringat

Pastikan Anda mengenakan pakaian bersih yang sesuai dengan aktivitas yang akan Anda lakukan. Untuk mengurangi keringat berlebih, kenakan pakaian berbahan katun yang dapat menyerap keringat. Pakaian berbahan ini tidak memberikan kehangatan pada tubuh.

5.Perhatikan asupan makanan Anda

Beberapa makanan dapat menyebabkan lebih banyak keringat dan bau badan, seperti makanan pedas dan berlemak serta makanan dengan bahan berbau menyengat, seperti bawang barat. Dengan membatasi asupan makanan tersebut, bau badan bisa berkurang.

6. Terapkan teknik relaksasi

Cara menghilangkan bau badan selanjutnya adalah dengan rutin melakukan aktivitas relaksasi seperti yoga dan meditasi. Teknik relaksasi ini dinilai dapat membantu mengendalikan stres sehingga merangsang produksi keringat berlebih yang menyebabkan bau badan.

7. Gunakan deodoran

. Bau badan seringkali dikaitkan dengan bau ketiak. Padahal, ketiak merupakan area yang banyak mengeluarkan keringat. Untuk mengatasi bau ketiak, Anda bisa menggunakan deodoran, antiperspiran, atau produk yang mengandung kombinasi keduanya.

Deodoran seringkali mengandung alkohol yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan.Sedangkan antiperspiran yang mengandung senyawa aluminium klorida dan asam salisilat mampu mengurangi keringat berlebih.

Mencukur bulu ketiak secara teratur juga merupakan ide bagus. Dengan melakukan kedua hal ini secara rutin, Anda bisa mencegah bau ketiak.

Baca Juga : Kalian Bau Kaki? Pakai Cara ini Hilang Dengan Cepat

Menghilangkan Bau Badan Dengan Beberapa Bahan Alami

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa mencoba menghilangkan bau badan dengan bahan-bahan alami berikut ini:

1. Baking soda

Selain digunakan sebagai bahan tambahan makanan, baking soda juga dikenal dapat menetralkan zat asam, termasuk asam dalam tubuh.

Untuk menghilangkan bau badan, cukup campurkan ¼ sendok teh baking soda dengan sedikit air hangat, lalu oleskan pada area ketiak. Biarkan kering lalu bersihkan dengan air.

Meski bisa menghilangkan bau badan, baking soda mungkin tidak cocok untuk orang yang memiliki kulit sensitif.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel dikatakan memiliki kemampuan membunuh bakteri penyebab bau badan. Untuk menggunakannya, Anda bisa mencampurkan cuka sari apel dengan air dan mengoleskannya pada area tubuh Anda yang rentan terhadap bau.

Meski memiliki efek menghilangkan bau badan, namun tetap perlu berhati-hati saat menggunakan cuka apel karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

3.Tea tree oil

Tea tree oil memiliki sifat antibakteri sehingga dipercaya dapat mengurangi bakteri penyebab bau badan pada kulit. Anda bisa mengoleskan minyak ini pada ketiak Anda sebagai deodoran alami.

4. Daun sirih

Daun sirih mempunyai sifat antibakteri dan dikatakan dapat menghilangkan bau badan secara alami. Untuk memanfaatkan manfaat daun sirih, Anda bisa merebus daun sirih lalu mencucinya hingga bersih saat mandi.Meski ada banyak cara menghilangkan bau badan secara alami, namun diperlukan lebih banyak penelitian mengenai efektivitas dan keamanan berbagai bahan alami penghilang bau badan.

Anda bisa mencoba menerapkan cara menghilangkan bau badan di atas. Namun jika bau badan tak kunjung hilang, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *