7 Cara Menghilangkan Sakit Perut Dengan Herbal

7 Cara Menghilangkan Sakit Perut Dengan Herbal

7 Cara Menghilangkan Sakit Perut Dengan Herbal – Anda wajib mengetahui cara menghilangkan sakit perut tanpa obat. Apalagi jika Anda mengalami sakit perut di tengah malam dan belum ada obatnya. Berikut beberapa cara menghilangkan sakit perut tanpa obat yang memerlukan makanan yang bisa Anda temukan di rumah.

Sakit perut bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, antara lain keracunan makanan, alergi makanan, GERD, sindrom iritasi usus besar, gastroenteritis, dan sembelit. Meski sakit perut merupakan hal yang umum dan pernah dialami oleh semua orang, namun gejala ini tetap bisa menjadi masalah bagi pasien.

Sebelum menggunakan obat yang dijual bebas, Anda mungkin ingin mempertimbangkan beberapa cara meredakan sakit perut tanpa obat, terutama jika kondisi Anda menghalangi Anda untuk mengonsumsi obat yang dijual bebas.Ada banyak cara menghilangkan sakit perut tanpa obat

Cara menghilangkan sakit perut tanpa obat antara lain mengendurkan otot atau mengonsumsi makanan khusus.

Berikut beberapa cara menghilangkan sakit perut tanpa obat:

1. Kompres air hangat

Air bersih, yakni air bersuhu sekitar 40 hingga 45 derajat, diketahui ampuh meredakan sakit perut tanpa obat. Meremas perut dengan air hangat dapat membantu meredakan kejang otot saat sakit perut, terutama saat sedang diare. Selain itu, kompres panas juga dapat mengurangi nyeri perut yang dialami penderita sindrom iritasi usus besar. Selain menghangatkan perut dengan air hangat, mandi atau berendam dengan air hangat merupakan cara lain untuk meredakan sakit perut tanpa obat.

2. Gunakan kacang

Cara menghilangkan sakit perut tanpa obat selanjutnya adalah dengan mengoleskan minyak pada perut. Balsem mengandung bahan kuat yang mengendurkan otot perut.

Bahan paling ampuh yang ditemukan dalam balsem adalah minyak kayu putih.Bahan ini memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri serta meredakan sakit perut.

Bahan aktif lain yang terdapat pada baslem, antara lain mentol, minyak kamper, dan minyak pala, diketahui efektif meredakan sakit perut. Kandungan bahan yang kuat inilah yang menjadikan balsem efektif sebagai cara menghilangkan kolik tanpa obat.

3. Minum cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung antioksidan yang dapat membantu menyeimbangkan bakteri di perut dan meredakan sakit perut akibat H. pylori.pilori. Mengonsumsi obat pereda nyeri ini dapat membantu meredakan sakit perut, kembung, dan mulas.

Namun cuka sari apel sebaiknya diencerkan dengan air sebelum diminum untuk meredakan sakit perut tanpa obat. Pasalnya, keasaman cuka sari apel meningkatkan kadar asam lambung.

4.Minumlah teh jahe

Jahe telah lama digunakan sebagai ramuan untuk mengobati sakit perut. Khasiat jahe untuk meredakan sakit perut tanpa obat bisa diolah menjadi teh atau teh jahe.

Caranya adalah dengan merebus jahe yang sudah dihaluskan atau dicincang dalam air. Madu juga bisa ditambahkan untuk menambah cita rasa. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi pil, ekstrak atau suplemen untuk meredakan sakit perut yang menyertai mual dan muntah.Cara nonfarmakologis untuk meredakan sakit perut, manfaat jahe berasal dari jahe, senyawa alami yang melancarkan pencernaan. Selain itu, jahe juga mampu meredakan sakit perut dengan cara mengendurkan otot-otot perut.

Baca Juga : Cara Mengobati Sakit Kaki Saat Berjalan Dengan Mudah

5. Minum teh kamomil

Teh kamomil telah lama dikenal sebagai obat tidur alami karena khasiatnya yang menenangkan. Selain itu, meminum teh kamomil juga ampuh menghilangkan sakit perut tanpa obat apa pun.

Manfaat tersebut berasal dari sifat anti inflamasi pada teh kamomil yang dapat meredakan sakit perut akibat berbagai jenis peradangan seperti GERD, sindrom iritasi usus besar, dan gastroenteritis. Teh jenis ini kaya akan senyawa polifenol alami yang mengendurkan otot-otot saluran pencernaan dan efektif meredakan sakit perut dan muntah-muntah. 6. Minum teh pepermin

Peppermint mengandung mentol dan metil salisilat, senyawa ampuh yang meredakan sakit perut dengan merelaksasi usus (efek antispasmodik). Selain itu, mint meningkatkan pergerakan empedu di saluran pencernaan, membuat pencernaan bekerja lebih baik.

Karena manfaatnya tersebut, teh peppermint dapat digunakan sebagai obat pereda nyeri yang dijual bebas, terutama bagi mereka yang menderita gastroenteritis atau sembelit akibat sindrom iritasi usus besar atau gangguan makan.

Selain meminum teh pepermin, Anda juga bisa mengobati sakit perut tanpa obat dengan menggunakan minyak pepermin yang diencerkan dengan minyak pembawa. 7. Gunakan diet BRAT

BRAT adalah kependekan dari banana, rice, appleauce (saus apel) dan roti panggang. Makanan rendah serat di atas membantu mengatasi sembelit, yang dapat meredakan sakit perut akibat diare dan keracunan makanan.

Namun, jangan mengonsumsi makanan ini dalam jangka waktu lama agar tidak kehilangan nutrisi dan kalori yang dibutuhkan tubuh.

Makanan yang harus dihindari saat sakit perut

Selain melakukan langkah-langkah di atas untuk menghilangkan sakit perut tanpa obat, penting juga untuk memilih makanan yang Anda makan saat sakit.Tujuannya untuk meredakan sakit perut dengan cepat.

Jika Anda sedang sakit perut, hindari makanan dan minuman berikut ini:

  • Minuman berkarbonasi dan berkafein meningkatkan asam lambung.
  • Minuman beralkohol dapat mengiritasi usus
  • Makanan pedas memperburuk diare.
  • Lemak dapat mengganggu pencernaan makanan berlemak.

Jika Anda sudah mencoba meredakan sakit perut tanpa obat tetapi gejalanya tidak kunjung membaik, jika Anda mengalami mual, muntah, pembekuan darah, atau kesulitan bernapas selama beberapa hari, atau lebih buruk lagi, bicarakan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. .

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *