5 Manfaat Buah Porang Untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Buah Porang Untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Buah Porang Untuk Kesehatan Tubuh – Porang atau iles-iles (Amorphophallus muelleri) merupakan tanaman asli, sejenis tanaman yang hanya terdapat di Indonesia. Di Pulau Jawa sedang menggila, namun sebarannya tidak merata. Bagian tumbuhan yang dijadikan makanan pokok pengganti buahnya adalah umbinya. Pangsit porang biasanya dibuat dengan tepung, mie atau nasi.

Selain sebagai pengganti beras, porang dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetik, perekat, laboratorium kimia, dan obat-obatan.Tanaman ini harus diolah menjadi tepung karena umbi mentahnya mengandung magnesium oksalat yang berbahaya bagi kesehatan.

Anda sering dapat menemukannya di hutan atau rumpun bambu. Sekarang banyak orang yang tumbuh dewasa.

Kandungan sayur porang

Sebelum mengetahui manfaatnya, Anda perlu mengetahui nutrisi apa saja yang ada di dalam tanaman tersebut. Berbagai nutrisi yang dapat diperoleh dengan mengolah porang menjadi tepung adalah:

  • sepak bola.
  • Sehat
  • kalium.
  • serat.

Beta karoten. Iles-iles mengandung serat khusus yang disebut glukomanan. Manfaat porang sebagian besar berasal dari nutrisi berikut: 20 hingga 65% nutrisi dalam porang.

Di bawah ini adalah manfaat tanaman porrang.

1. Mengurangi risiko diabetes.

Diabetes disebabkan oleh terlalu banyak gula dalam darah.Nah, buah dari tanaman porang mampu mengontrol kadar gula darah. Komponen glukomanan bubuk porang dicerna hingga membentuk tekstur seperti gel.

Nah, saat ini tampaknya bertindak sebagai lapisan penghalang di usus, mencegah penyerapan gula di usus. Hasilnya, kadar gula darah tetap terjaga.

2.Menjaga kesehatan pencernaan

Porang kaya akan serat glukomanan. Glukomanan diklasifikasikan sebagai serat larut. Jenis serat ini menyerap air untuk membentuk gel, yang meningkatkan ukuran dan fleksibilitas mortar. Hal ini akan membantu Anda mendorong dan mengejan feses dengan lebih mudah serta membantu Anda mengatasi sembelit.

Selain itu, glukomanan juga merupakan prebiotik yang memberikan bakteri baik pada saluran pencernaan, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus.Mikrobioma usus seimbang untuk menjaga pencernaan normal.

3. Menjaga imunitas

Siapa sangka makan porang bisa meningkatkan kekebalan tubuh? Sebagai sumber serat larut, iles-iles membantu menggantikan sel inflamasi dengan sel yang melawan peradangan. Serat larut ini juga membantu tubuh Anda memproduksi protein yang disebut interleukin-4. Protein ini membantu tubuh melawan infeksi. Manfaatnya adalah tubuh menjadi tidak mudah terserang penyakit. Namun perlu diketahui bahwa manfaat forang masih terus diteliti terutama pada tikus. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami sepenuhnya manfaat bracts untuk alergi manusia.

Baca Juga :

4. Membantu penurunan berat badan

tahukah kamu Kalori porang adalah 10 kkal per 100 gram. Karbohidrat ini tidak terdapat pada umbi-umbian mentah, melainkan kemudian diolah menjadi biji-bijian seperti mie atau nasi. Pada dasarnya, ini menunjukkan bahwa ada sedikit kalori yang siap digunakan iles-iles dan membantu menjaga berat badan. Glukomanan merupakan serat alami yang membuat Anda kenyang lebih lama dan menghindarkan Anda dari rasa lapar. Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam Diabetes Research and Clinical Practice (2009) menemukan bahwa glukomanan dapat menurunkan hormon penyebab rasa lapar, yaitu ghrelin.

Kandungan ini membantu tubuh Anda merespons hormon rasa kenyang. Ini akan membantu Anda mengurangi asupan untuk menghindari makan berlebihan. Jadi Anda bisa mengontrol berat badan Anda.Berbahaya jika makan terlalu banyak

Saat Anda makan banyak yang manis-manis, sangat mudah untuk makan berlebihan. Contoh paling umum adalah makan di restoran prasmanan. Faktanya, makan terlalu banyak bisa berbahaya bagi tubuh Anda. Akibatnya, Anda akan merasakan sakit perut yang kenyang. Namun ini hanyalah contoh kecil.pada waktunya

5. Mengurangi penyakit jantung.

Tanaman peterseli mempunyai manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut ulasan yang diterbitkan dalam International Journal of Biological Macromolecules (2019), kandungan glukomanan mengurangi penyerapan kolesterol dengan memberikan lapisan gel di perut. Nantinya, kolesterol disekresikan oleh janin. Tak heran jika khasiat porang membantu menurunkan kadar kolesterol.Glukomanan juga memperlambat penyerapan lemak di usus kecil sehingga dapat menurunkan kadar trigliserida atau lemak dalam darah. Kolesterol dan trigliserida adalah lemak yang diketahui mempersempit pembuluh darah dan mempengaruhi berbagai kondisi jantung, termasuk:

Glukomanan porang menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang dapat menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.
Porang merupakan tanaman Indonesia yang kaya akan serat bernama glukomanan. Manfaat glukomanan yang diperoleh dari tanaman ini baik untuk mengurangi risiko penyakit seperti diabetes dan jantung. Sebaiknya pilih porrang yang sudah diolah sebagai makanan siap masak dibandingkan umbi utuh.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *